Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Materi Safety Talk Pengoperasian Crane

safety talk

Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatu, Semangat Pagi! Melalui safety talk pagi ini kesempatan saya untuk menyampaikan pesan keselamatan kerja yang terkait dengan keselamatan operasi crane.

Untuk bapak-bapak sekalian, karena kali ini pekerjaan kita bersangkutan dengan crane, saya ingin mengingatkan sedikit mengenai keselamatan kerja crane, pada saat crane beroperasi nanti usahakan hanya satu orang saja yang boleh memberi aba-aba, yang lain cukup menunggu sampai muatan sampai ketanah, kecuali aba-aba tersebut dalam keadaan emergency, siapapun boleh melakukannya, baca juga: Materi safety talk tentang Kesehatan

Selanjutnya kita tidak diperbolehkan untuk menumpang dihook, baket concrete, atau muatan apa saja yang sedang diangkat oleh crane, dan kita dilarang keras untuk berada dibawah muatan yang sedang diangkat oleh crane.

Dan demi keselamatan kerja para pekerja atau orang lain, barikade atau safety line dan rambu pengaman harus dipasang di daerah lokasi pengoperasian crane, hal ini dilakukan untuk memperjelas yang lainnya bahwa dilokasi kerja kita ini ada pekerjaan yang dilaksanakan dan mungkin akan menyebabkan resiko bila orang lain mendekatinya.

Penyebab gagalnya proses pengangkatan dalam penggunaan crane bisa disebabkan oleh buruknya kondisi mesin crane, tingginya kecepatan angin, beban yang diangkat tidak sesuai dengan kekuatan crane, penggunaan atau pemasangan sling bahkan kondisi sling yang tidak baik, kondisi tanah yang tidak rata, dll.

Maka dari itu, sebelum crane dioperasikan bapak-bapak sekalian dianjurkan untuk memeriksa kelayakan dari kondisi crane tersebut dan memeriksa kondisi lingkungan disekitar, pastikan kita sudah mengetahui prosedure kerja penggunaan pesawat alat angkat angkut serta pastikan sebelumnya bahwa crane tersebut sudah diinspeksi sebelum dipakai.

Apabila suatu hal yang tidak diinginkan terjadi saat aktivitas crane berlangsung, misalnya terjadi insiden yang harus dilakukan yaitu:
  1. Operator crane harus berada didalam ruang kemudi.
  2. Bila keadaan begitu darurat dan mengharuskan operator meninggalkan kemudi maka segeralah keluar, namun dianjurkan untuk tetap didalam kemudi.
  3. Semua personil harus tetap tenang dan berada diluar kabin.
  4. Jauhkan diri dari crane dan muatan yang sedang diangkat.
  5. Amankan area dan jangan biarkan siapapun memasuki area.
  6. Segera lakukan tindakan perbaikan atau penyelamatan.
  7. Segera laporkan hal ini kepada pengawas.

Demikianlah artikel mengenai Materi Safety Talk Pengoperasian Crane, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan, referensi dan rujukan yang kami peroleh. Kami berharap agar pembaca sekalian memberikan kritik dan masukannya di kolom komentar untuk membangun kami kedepannya menjadi yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.

Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

1 komentar untuk "Materi Safety Talk Pengoperasian Crane"

  1. materinya terlalu general, kurang spesifik dan ngga bisa didownload,



    BalasHapus