Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Materi Safety Talk Dalam Penggunaan Forklift

safety talk pertamina

Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatu, Semangat Pagi! hari ini materi safety talk yang akan saya sampaikan yaitu terkait mengenai keselamatan dan kesehatan kerja pada pekerjaan penggunaan forklift.

Apakah pagi ini bapak-bapak sekalian sehat semua? mudah mudahan kita selalu diberi kesehatan setiap harinya, saya akan memberitahukan terlebih dahulu dari bahaya yang ada dari penggunaan forklift: Forklift ini dapat menyebabkan suatu kecelakaan yang serius, maka dari itu janganlah biarkan forklift ini menyelakai diri bapak-bapak semua (baca juga: kumpulan Materi Safety Talk Terbaru).

Ikutilah prosedure yang sudah ada dan usahakanlah kita semua bekerja dengan aman, untuk operator forklift saya akan sedikit menyampaikan:
  1. Mengemudilah dengan kecepatan yang aman.
  2. Janganlah bapak-bapak membawa penumpang saat megendara forklift, karena forklift yang ada dilokasi kerja kita ini dirancang hanya untuk satu orang saja.
  3. Angkat muatan yang akan dibawa sesuai ketentuan forklift tersebut dan jangan sampai berlebihan.
  4. Jangan biarkan pekerja lain berdiri atau berjaga dimuatan yang sedang dibawa.
  5. Hindari gas dengan sentakan saat mulai berjalan.
  6. Hindari berbelok dengan kecepatan yang tinggi.
  7. Hindarilah memberhentikan forklift dengan cara mendadak.
  8. Ikatlah muatan dengan aman dan jangan coba coba berani memindahkan muatan tanpa terikat atau menempatkan muatan dengan aman.
  9. Bunyikanlah klakson untuk mengingatkan pekerja lain apabila menghalangi jalan forklift.
  10. Sebelum mengendarai forklift pastikan terlebih dahulu jalan yang akan dilalui itu aman dari pekerja lain dan tidak akan membahayakan operator dan pekerja lain,

Dan untuk bapak-bapak sekalian yang bekerja dilokasi lain dan tidak bersangkutan dengan forklift tetaplah berhati-hati, mungkin saja hal ini dapat terjadi tanpa kita sangka-sangka:
  1. Waspada terhadap muatan yang sewaktu-waktu bisa jatuh dan menimpa diri kita.
  2. Tingkatkan kewaspadaan saat kita melewati lorong karena siapa tau ada forklift yang sedang berjalan dan tidak melihat diri kita.
  3. Janganlah bapak-bapak merokok didekat forklift dimana sedang mengisi bahan bakar, karena bahaya peledakan bisa akan terjadi.
  4. Bapak-bapak pekerja jangan pernah bermain-main dengan forklift yang sedang dipergunakan, jangan pernah berjalan, berdiri dan menumpang pada forklift.

Mungkin sampai sini saja materi safety talk harian kita hari ini mengenai keselamatan kerja pada penggunaan forklift, mungkin dari bapak-bapak sekalian ada pertanyaan yang akan disampaikan?

Bila tidak ada pesan dari saya hari ini: selalu berhati-hati saat bekerja, pergunakan alat pelindung diri / apd sesuai dengan pekerjaan kita, selalu waspada akan bahaya yang selalu mengintai kita dan bekerjalah dengan mengikuti prosedure yang ada.

Sebelum saya akhiri safety talk harian kita hari ini, marilah kita berdoa menurut kepercayaan dan keyakinan kita masing-masing agar pekerjaan kita hari ini diberi kelancaran, kita selalu diberi sehat, tidak ada kecelakaan kerja dan kita bisa pulang sampai kerumah dengan selamat, Berdoa dimulai, baca juga: Materi Safety Talk Confinend Space

Demikianlah artikel mengenai Materi Safety Talk Harian Mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja Penggunaan Forklift, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan, referensi dan rujukan yang kami peroleh. Kami berharap agar pembaca sekalian memberikan kritik dan masukannya di kolom komentar untuk membangun kami kedepannya menjadi yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Materi Safety Talk Dalam Penggunaan Forklift"