Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Materi Safety Talk Harian Bekerja di Ruang Terbatas

Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatu, Semangat pagi bapak-bapak sekalian, dalam safety talk hari ini saya ingin menyampaikan materi dan mengingatkan keselamatan dan kesehatan kerja terfokus mengenai bekerja di ruang terbatas.

Bekerja diruang tertutup / terbatas (confined space) selalu tidak lepas dari bahaya, akan tetapi, anda dapat melindungi diri anda apabila langkah-langkah pengamanan sudah anda lakukan sebelum memulai pekerjaan. baca juga: (Kumpulan Materi Toolbox Meeting)

materi safety talk

Yang perlu anda ketahui, setiap ruang tertutp hanya memiliki lubang yang sangat kecil mungkin lubang itu hanya muat untuk tubuh kita, dan ada 4 bahaya yang harus anda ketahui dari bekerja diruang tertutup ini, baca juga, antaralain:

1. Ruang tertutup memiliki oksigen yang tidak memadai, karat, limbah atau zat kimia dapat menyerap oksigen sampai habis, meskipun sebelum anda masuk kadar oksigennya sangat memadai, kehadiran anda dan aktifitas pekerjaan yang anda lakukan diruang tersebut sangat cepat menghabiskan oksigen.

2. Ruang tertutup memiliki elemen racun yang sangat berbahaya diudara, elemen ini membahayakan sistem pernapasan dan syaraf,

3. Api dan ledakan sangat cepat sekali melalap oksigen sehingga anda tidak dapat meloloskan diri dan dapat menyebabkan kematian dalam hitungan menit, bahan kimia dan gas dapat meledak secara tiba-tiba dari api, rokok, listrik statis, percikan api dan ruangan suhu yang panas.

4. Bahaya fisik senantiasa juga mengintai diri bapak-bapak sekalian seperti suhu yang terlalu panas, suara bising, dan bahaya jatuh, semua ini sangat berbahaya bagi tubuh bapak-bapak sekalian.

Sebelum melaksanakan pekerjaan, bapak-bapak sekalian harus memastikan dahulu apakah kandungan gas didalam ruang terutup tersebut sudah di cek kandungan gasnya, lalu pastikan ada satu orang yang berada diluar untuk mengawasi pekerjaan bapak didalam ruang tertutup, lihat lingkungan disekita dan yang terakhir pakailah Alat Pelindung Diri yang benar sepeti breathing apparatus dan sufflied air respirator. 

Demikianlah artikel mengenai Materi Safety Talk Harian Mengenai Bekerja di Ruang Terbatas, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan, referensi dan rujukan yang kami peroleh. Kami berharap agar pembaca sekalian memberikan kritik dan masukannya di kolom komentar untuk membangun kami kedepannya menjadi yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.

Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Materi Safety Talk Harian Bekerja di Ruang Terbatas"